top of page
Search
  • Writer's pictureAnthony Tumiwa

Pedang Gadis Yueh


Pedang Gadis Yueh
Ah Qing

Cerita pendek Pedang Gadis Yueh ini adalah yang terakhir dari karya-karya Jin Yong (chin yung). Ini berkisah tentang Gadis Yueh (Yue Maiden), yang hidup pada masa pemerintahan Raja Goujian dari Yue (496-465 SM).


Novel ini didasarkan pada legenda The Yue Maiden, dan perang antara Kerajaan Wu dan Yue selama Periode Musim Semi dan Musim Gugur di Tiongkok.


Nama asli Gadis Yueh tidak diketahui. Dia hanya disebut sebagai Yuenü, yang dapat diterjemahkan sebagai Nona Yue atau, lebih umum, Gadis Yueh. Dia dianugerahi gelar Yuenü oleh Raja Yue, yang terkesan dengan eksposisinya tentang seni pedang. Dia memutuskan bahwa pasukannya mengadopsi gaya ilmu pedang dan menunjuknya untuk melatih perwira tentaranya, yang pada gilirannya menginstruksikan pasukannya. Miliknya adalah eksposisi paling awal yang diketahui tentang seni pedang, dan mempengaruhi seni bela diri Cina selama beberapa generasi.


Perang antara Wu dan Yue adalah konflik besar terakhir selama Periode Musim Semi dan Musim Gugur. Yue mengalahkan Wu pada Pertempuran Zuili (槜李之战) dan Raja Helü dari Wu terluka parah. Putranya, Raja Fuchai dari Wu, mengalahkan Yue tiga tahun kemudian dan Raja Goujian dari Yue ditangkap. Goujian menjabat sebagai pelayan Fuchai selama tiga tahun sebelum dia diizinkan pulang.


Sekembalinya ke negeri Yue, raja Goujian merencanakan balas dendamnya terhadap raja Fuchai.




Para Tokoh dalam cerita Pedang Gadis Yueh

  • Aqing (Ah Qing), tokoh utama wanita

  • Fan Li , tokoh utama pria dalam cerita

  • Xi Shi, wanita tercantik dalam cerita

  • raja Goujian

  • Wen Zhong

  • tetua Bai

9 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page