top of page
Search
  • Writer's pictureAnthony Tumiwa

Demi Gods and Semi Devils 2003

Updated: Nov 27, 2021


Duan Yu
Duan Yu, Wang Yuyan, A Zhu, A Bi

The Demi-Gods dan Semi-Devils", yang dalam bahasa mandarin juga dikenal sebagai "Tian Long Ba Bu", pada dasarnya adalah tentang interaksi tiga orang tokoh utama, semua memiliki bakat khusus dalam kung-fu atau ilmu silat.


Yang pertama dari tiga persona ini adalah Qiao Feng, yang kemudian menjadi Xiao Feng. Qiao Feng yang pertama kali kita temui adalah pemimpin "Gai Bang" atau Klan Pengemis. Reputasinya sangat baik, dengan pepatah umum, "Di Utara, ada Qiao Feng; Di Selatan, ada Murong." Qiao Feng sebenarnya diadopsi selama kelahiran, oleh orang tua yang tidak pernah mengungkapkan identitas aslinya kepadanya. Istri pemimpin lain di klan, Ma Fu Ren, marah ketika Qiao Feng, yang dia minati, tidak memperhatikannya bahkan ketika dia berpakaian secantik mungkin.


Kemarahan ini kemudian menyebabkan pengungkapan rahasia. Orang-orang di Klan Pengemis mengetahui bahwa/itu Qiao Feng adalah ras Qidan dan bukan dari ras Han, mereka ostarcize dia dari klan mereka, karena hubungan yang buruk antara kelompok Qidan dan Han. Ketika Qiao Feng kembali ke rumah untuk menemukan kedua orang tua angkatnya yang dicintainya mati, dan kemudian Shi Fu yang sudah meninggal, dia bersumpah membalas dendam terhadap mereka yang membunuh mereka. Qiao Feng kemudian mengadopsi nama keluarga orang tua kandungnya "Xiao", membuatnya Xiao Feng.


Selanjutnya adalah Duan Yu, Pangeran Dali. Duan Yu memiliki sedikit pengetahuan dalam kung-fu, tetapi mengembangkan beberapa keterampilan yang tidak biasa setelah gulungan yang dia temukan di sebuah gua. Salah satu hal yang paling menarik tentang Duan Yu adalah keluarganya, yaitu ayahnya. Dia memiliki sejumlah besar saudara perempuan dari ayahnya, banyak urusan Duan Zheng Chun. Untuk memperjelas hal-hal, saya akan mencantumkan urusan Duan Zheng Chun dengan wanita-wanita berikut:


  • Wang Fu Ren, yang melahirkan Wang Yuyan

  • Ruan Xingzhu, yang melahirkan A Zhu dan A Zi

  • Qin Hongmian, yang melahirkan Mu Wanqing

  • Gan Baobao, yang melahirkan Zhong Ling

Duan Zheng Chun juga berselingkuh dengan Kang Ming, juga dikenal sebagai Ma Fu Ren. Suami Kang Ming adalah seorang pemimpin bersama Qiao Feng di Klan Pengemis sebelum kematian misteriusnya. Jadi pada dasarnya, Duan Yu memiliki lima saudara perempuan: Wang Yuyan, A Zhu, A Zi, Mu Wanqing, dan Zhong Ling. Namun, ternyata Dao Baifeng, cemburu dengan banyak urusan Duan Zheng Chun, berselingkuh sendiri, di mana dia melahirkan Duan Yu. Oleh karena itu, tidak satu pun dari lima yang disebutkan di atas benar-benar terkait dengan Duan Yu.


Terakhir adalah Xu Zhu, biksu Shaolin yang menemukan dirinya dalam perjalanan setelah secara tidak sengaja memenangkan permainan catur. Pencipta permainan catur mentransfer semua keterampilan kung-fu yang kuat ke Xu Zhu, menamainya sebagai penggantinya dan memintanya untuk membunuh salah satu musuhnya. Xu Zhu, seorang biarawan Shaolin yang setia, segera mulai mematahkan beberapa tradisi biarawannya saat dia dengan enggan memulai perjalanannya.


Berkelok-kelok ke dalam cerita adalah banyak subplot dan roman. Semua "saudara perempuan" Duan Yu terlibat dalam plot. Tiga dari "saudara perempuan" Duan Yu, Wang Yuyan, Mu Wanqing, dan Zhong Ling, jatuh cinta pada Duan Yu, karena Duan Yu, seperti ayahnya, bergeser dari satu ke yang lain tanpa ragu-ragu. Dia kemudian jatuh keras untuk Wang Yuyan, yang menyerupai patung yang dia lihat di sebuah gua. Satu-satunya dua yang tidak merasa tertarik pada Duan Yu adalah saudara perempuan A Zhu dan A Zi. Qiao Feng dan A Zi kemudian jatuh cinta. Setelah kematian A Zhu yang tidak diinginkan, Qiao Feng diberi tugas untuk menjaga A Zi. Zi mengagumi dan sangat mencintai Qiao Feng, tetapi Qiao Feng menemukan dia menjengkelkan dan dangkal dibandingkan dengan A Zhu.


Latar Belakang Cerita


Nah, untuk memulai, plotnya sangat rumit. Ada beberapa subplot yang terjadi, tetapi saya memberikan kredit untuk fakta bahwa semua plot berhubungan setelah mencapai klimaks produksi. Bagian terbaik tentang alur cerita ini adalah keseimbangan yang benar antara tindakan dan romansa. Itu tidak membuat saya meraih tisu setiap dua detik (contoh yang baik adalah produksi Qiongyao), tetapi tidak membuat saya bosan dan mengemis untuk beberapa emosi daripada pertempuran sia-sia ini (yang adalah bagaimana perasaan saya terhadap Stephen Chow "Kung Fu Hustle"). Ini benar-benar membutuhkan waktu untuk mencerna apa yang sebenarnya sedang terjadi.


Ada hubungan yang baik antara alur cerita dan kung-fu. Serial ini dimulai agak lambat, dengan Qiao Feng dan Duan Yu hanya bertemu di episode ketujuh. Awal dengan Mu Wanqing dan Duan Yu agak terlalu berlebihan. Selain itu, sejumlah besar karakter memperlambat seluruh serial. Meskipun ada adegan menyeret, seperti halnya setiap serial drama (terutama yang panjangnya 40 episode), itu tentu saja cerita yang ditulis dengan baik.



5 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page